Monday 26th of September 2022 09:42:12 AM
Cover Berita

Strategi Menghindari Plagiarisme pada Penulisan Naskah Ilmiah

Plagiarisme merupakan salah satu permasalahan yang sangat disoroti oleh dunia pendidikan. Plagiarisme adalah tindakan mengambil atau menjiplak hasil karya orang lain dan mengakui sebagai miliknya sendiri. Plagiarisme sering terjadi karena merupakan jalan pintas yang dianggap menguntungkan bagi mahasiswa untuk mempercepat penyelesaian pengerjaan naskah ilmiah, namun hal ini merupakan sebuah kesalahan yang tidak diperbolehkan.

Program studi Kimia, FMIPA, Universitas Palangka Raya mengharapkan seluruh lulusannya tidak melakukan tindakan plagiarisme dalam penulisan naskah ilmiah terkhusus naskah skripsinya. Oleh karena itu tim Komisi Tugas Akhir program studi Kimia mengadakan seminar dengan tema “Strategi Menghindari Plagiarisme pada Penulisan Naskah Ilmiah” dengan narasumber Rokiy Alfanaar, S.Si., M.Sc. yang merupakan Editor dan Reviewer Jurnal Nasional Terakreditasi Nasional. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 10 September 2022 bertempat di Aula FMIPA Universitas Palangka Raya yang dihadiri oleh mahasiswa dan dosen program studi Kimia. 

Melakukan sitasi dan memparafrase adalah yang hal yang baik untuk mencegah dalam plagiarisme. Selain itu menggunakan aplikasi pengecekan plagiarisme juga hal yang memungkinkan untuk dilakukan dalam pencegahan plagiarisme. Antusias dari mahasiswa tingkat akhir yang sedang melakukan penyusunan naskah skripsi sangat terlihat dengan memberikan pertanyaan dalam diskusi singkat diakhir pemaparan materi oleh narasumber.