Friday 27th of January 2023 07:20:51 AM
Cover Berita

Workshop "Pembuatan Poster Ilmiah"

Pembuatan Poster Ilmiah untuk Mahasiswa

Poster merupakan sarana yang efektif dan efisien untuk berkomunikasi antara penulis dan pengunjung karena lebih mudah berinteraksi dan mengenal identitas serta minat penelitian masing-masing. Poster ilmiah merupakan salah satu cara mempresentasikan hasil penelitian atau mempublikasikan riset. Poster disebut sebagai media komunikasi atau media sosialisasi dan publikasi yang strategis, karena biasanya dibuat dengan singkat, jelas, padat, dan menarik dengan memadukan antara tulisan, gambar, atau kombinasi keduanya sehingga mudah dicerna oleh pembaca dengan tujuan untuk memberikan informasi kepada khalayak ramai.

Tim Komisi Tugas Akhir Program Studi Kimia, FMIPA, Universitas Palangka Raya mengadakan Workshop “Pembuatan Poster Ilmiah untuk Mahasiswa” dengan narasumber Efriyana Oksal, S.Pd., M.Sc. yang merupakan Dosen Kimia FMIPA UPR. Workshop ini dilaksanakan pada tanggal 3 Desember 2022 bertempat di Aula FMIPA Universitas Palangka Raya yang dihadiri oleh mahasiswa dan dosen Program Studi Kimia.

Dengan adanya workshop ini, diharapkan dapat menginisiasi mahasiswa menjadi inovatif, adaptif, dan kompetitif terhadap lingkungan khususnya perkembangan teknologi pada bidang ilmu Kimia serta memiliki kompetensi yang lebih mapan dalam menghadapi tantangan global, terlebih lagi pada era Revolusi Industri 4.0 menuju 5.0 karena pada pembuatan poster, mahasiswa dapat belajar menggunakan beberapa aplikasi pendukung untuk pembuatan poster secara baik dan benar. Pada prinsipnya, publikasi poster ilmiah yang mengandung penelitian-penelitian mahasiswa akan menjadi rujukan bagi peneliti lain, membuka ruang diskusi argumentatif, hingga akhirnya menjadi temuan yang berpotensi solutif terhadap pemecahan masalah yang merupakan gagasan inovasi kreatif.