Tuesday 9th of August 2022 02:08:26 PM
Cover Berita

Sukses Interview bagi Freshgraduate

Program Studi Kimia (Prodi Kimia), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Universitas Palangka Raya (UPR) menyelenggarakan webinar peningkatan softskill yang diberi tema Sukses Interview bagi Fresh Graduate pada 22 Juli 2022 melalui aplikasi zoom meeting.

Webinar Peningkatan Softskill dan Karir merupakan kerja sama antara Prodi Kimia dengan Jurusan Pariwisata, Politeknik Negeri Samarinda. Kegiatan ini diikuti oleh 100 peserta secara daring yang berasal dari mahasiswa berbagai jurusan dalam lingkup UPR, yaitu Jurusan Kimia, Pendidikan Kimia, Fisika, Biologi, Matematika, Teknologi Pangan, Ilmu Administrasi, Hukum, Teknik Informatika, Farmasi, Akuntansi, dan Sosiologi. Selain itu, webinar juga diikuti oleh mahasiswa dan fresh graduate dari luar lingkup UPR, yaitu UIN Alauddin Makassar, UKI Paulus Makassar, UB, dan IPB.

Webinar ini mengambil tema Sukses Interview bagi Fresh Graduate karena tantangan kandidat pelamar kerja di era revolusi industri 4.0 sangat kompleks. Oleh karena itu, kandidat pelamar kerja khususnya fresh graduate harus beradaptasi dengan perubahan kebutuhan tenaga kerja di era 4.0. Selain itu, Perguruan Tinggi juga memiliki peran penting dalam mencetak lulusan-lulusan dengan menyediakan pembekalan mahasiswa memasuki dunia kerja. Salah satu bentuk pembekalan bagi mahasiswa adalah Webinar Peningkatan Softskill.

Webinar secara resmi dibuka dengan kata sambutan pertama dari Wakil Dekan Bidang Akademik, Wahyu Nugroho , S.Si., M.Si., dan kata sambutan selanjutnya dari Ketua Jurusan Pariwisata, Politeknik Negeri Samarinda, I Wayan Lanang Nala, S.ST. Par, M.Par

Dalam sambutannya Wakil Dekan Bidang Akademik menyatakan bahwa Webinar Peningkatan Softskill dan Karir merupakan bekal mahasiswa menuju dunia kerja. Banyak hal yang diperhatikan HRD dari kandidat kerja, yaitu pengetahuan, kompetensi, skill, attitude, dan daya juang. Selain itu, hal-hal teknis seperti cara membuat CV, menghadapi interview, keterampilan office menjadi  persiapan penting mahasiswa memasuki dunia kerja. Pak Wahyu juga menyambut baik dan mengapresiasi terselenggaranya webinar kolaborasi ini. Harapannya mahasiswa mengikuti webinar ini dengan sebaik mungkin dan aktif pada sesi tanya jawab dengan narasumber.

Sementara itu Ketua Jurusan Pariwisata juga menyampaikan apresiasi atas kerja sama penyelenggaraan Webinar antara Prodi Kimia FMIPA UPR dengan Jurusan Pariwisata POLNES dan berharap terus mengadakan kolaborasi untuk kegiatan-kegiatan selanjutnya terkait Tri Dharma Perguruan Tinggi. Webinar ini merupakan implementasi program aktualisasi cpns dan harapannya menjadi program inkubasi program kewirausahaan dan persiapan memasuki dunia kerja secara berkelanjutan. Mahasiswa diharapkan lebih siap menghadapi dunia kerja seperti membuat CV yang baik, menghadapi wawancara kerja, dan tes lainnya. 

Webinar ini menghadirkan kolaborasi salah satu dosen Prodi Kimia, Septaria Yolan Kalalinggi, M.Si selaku moderator dengan narasumber dari Dosen Manajemen Jurusan Pariwisata, Sari Pratiwi, M.M. Bu Sari selaku narasumber memiliki pengalaman sebagai ex HRD Assistent Manager PT  Vivo Communication Indonesia. Selain mengikuti webinar, para peserta diberikan kesempatan melakukan simulasi Interview Kerja selama 20 menit dengan narasumber dan sesi tanya jawab terkait Interview Kerja.