Tuesday 9th of August 2022 02:23:15 PM
Cover Berita

Simulasi Psikotes Kerja

Program Studi Kimia (Prodi Kimia), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Universitas Palangka Raya (UPR) menyelenggarakan webinar peningkatan softskill dan Karir Series II yang diberi tema Simulasi Psikotes Kerja pada 29 Juli 2022 melalui aplikasi zoom meeting.

Webinar Peningkatan Softskill dan Karir merupakan kerja sama kedua kali antara Prodi Kimia dengan Jurusan Pariwisata, Politeknik Negeri Samarinda. Kegiatan ini diikuti oleh 56 peserta secara daring yang berasal dari mahasiswa berbagai jurusan dalam lingkup UPR maupun luar lingkup UPR. Walaupun webinar series 2 diadakan dalam suasana mahasiswa Prodi Kimia Angkatan 2019 sementara KKN, namun tidak mengurangi antusias dari mahasiswa Prodi Kimia Angkatan lainnya dan luar prodi Kimia untuk tetap mengikuti webinar ini.

Webinar Peningkatan Softskill dan Karir series 2 merupakan kelanjutan dari webinar 1 “Sukses Interview bagi Fresh Graduate”. Kedua webinar ini merupakan pembekalan mahasiswa menuju dunia kerja. Webinar ini mengambil tema Simulasi Psikotes Kerja karena setelah lulus kuliah, langkah selanjutnya adalah mencari pekerjaan. Namun pekerjaan tidak bisa diperoleh dengan mudah. Semua butuh proses dan pembekalan untuk melamar pekerjaan. Selain tes wawancara, adapula psikotes atau tes psikologi yang harus dijalani oleh pelamar kerja. Tak mudah mengerjakan tes ini sehingga banyak pelamar kerja yang gugur dalam psikotes. Bahkan sebagian orang menganggap psikotes memiliki faktor ketidakpastian. Ada istilah kemampuan akademik tidak menjamin seseorang bisa lulus psikotes sehingga calon pelamar kerja perlu mempelajari dan memahami soal psikotes dengan baik lewat webinar karir dan peningkatan softskill.

Webinar ini kembali menghadirkan kolaborasi salah satu Dosen Prodi Kimia, Septaria Yolan Kalalinggi, M.Si selaku MC dan moderator dari Dosen Manajemen Jurusan Pariwisata, Sari Pratiwi, M.M. Adapun narasumber dari webinar ini adalah lulusan sarjana psikologi yaitu Retno Pratiwi Sutopo Putri, S.Psi. Bu Retno selaku narasumber memiliki pengalaman sebagai Educator/Mentor TPA di Bimbingan Belajar Bibit Indonesia dan Intern Planning& Performance Management-Kalla Automotive, Transport & Logistics. Selain mengikuti webinar, para peserta diberikan kesempatan mengikuti simulasi psikotes selama 20 menit menggunakan aplikasi Kahoot.it. Kemudian pengumuman tiga pemenang hasil simulasi psikotes dengan nilai tertinggi memperoleh voucher e-money yang dikirimkan secara langsung oleh penyelenggara ke masing-masing dompet digital milik pemenang. Selanjutnya, peserta aktif dalam sesi tanya jawab terkait psikotes kerja dengan narasumber.