Monday 26th of September 2022 11:19:10 AM
Cover Berita

WEBINAR "Let's Talk about Job World"

Program Studi Kimia (Prodi Kimia), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Universitas Palangka Raya (UPR) menyelenggarakan webinar pembekalan dunia kerja  yang diberi tema Let’s Talk about Job World pada 20 Agustus 2022 melalui aplikasi zoom meeting.

Webinar Pembekalan Dunia Kerja diikuti oleh 40 peserta secara daring yang berasal dari mahasiswa berbagai jurusan dalam lingkup UPR maupun luar lingkup UPR. Webinar ini merupakan kelanjutan dari dua webinar peningkatan softskill sebelumnya, yaitu “Sukses Interview bagi Fresh Graduate” dan “Simulasi Psikotes Kerja”. Ketiga webinar ini merupakan pembekalan mahasiswa menuju dunia kerja. Adapun tema pada webinar pembekalan dunia kerja, yaitu Let’s Talk about Job World karena dunia kerja sangat berbeda dengan dunia perkuliahan. Dunia kerja merupakan titik awal dimana fresh graduate memulai tantangan hidup sesungguhnya. Apa yang dipersiapkan ketika memasuki dunia kerja? Selain hardskill, kita juga perlu mempersiapkan softskill. Apalagi melihat realita di era revolusi industri 4.0, persaingan antar pelamar kerja semakin ketat, kebutuhan hidup semakin tinggi, dan kualifikasi yang diinginkan perusahaan dari pelamar kerja juga semakin tinggi sehingga fresh graduate harus serius dalam merencanakan masa depan dan menempuh karir. Oleh karena itu, webinar pembekalan dunia kerja ini dilaksanakan dengan harapan mahasiswa telah mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kerja dan menghadapi segala rintangan.

Webinar ini menghadirkan tiga narasumber dari berbagai latar belakang pekerjaan di bidang sains dan luar bidang sains. Narasumber pertama dengan latar belakang pekerjaan di bidang sains, yaitu Bu Ripka Saputri, S.Si sebagai Foreman Laboratory di PT. Datang DSSP Power Indonesia. Selanjutnya, narasumber kedua dan ketiga dengan latar belakang pekerjaan di luar bidang sains, yaitu Bu Yenni Octaviana, S.Si. dan Mbak Anastasia Kriestella. Bu Yenni sebagai Statistik dan Penerjemah Bahasa Mandarin di PT. Conch North Sulawesi, sedangkan Mbak Anas merupakan mahasiswa President University sekaligus Staf di salah satu Organisasi Non Pemerintah (NGO). Adapun MC sekaligus moderator pada webinar tersebut adalah Bu Septaria Yolan Kalalinggi, M.Si yang merupakan salah satu Dosen Prodi Kimia.

Selain mengikuti webinar, para peserta diberikan kesempatan mengikuti dua sesi tanya jawab masing-masing 15 menit. Webinar ketiga ini menyajikan topik materi yang berbeda dari ketiga narasumber. Narasumber pertama memaparkan materi terkait peluang karir di bidang sains dan bagaimana mempersiapkan diri memasuki dunia kerja, narasumber kedua memaparkan materi terkait menembus batas kemampuan untuk karir lebih baik, dan narasumber ketiga memaparkan materi terkait mengenali dan menggali potensi diri. Kemudian setelah penyampaian materi dari narasumber ketiga, narasumber memberikan kesempatan kepada peserta untuk menyampaikan pendapatnya melalui kolom chat zoom tentang pengertian dunia kerja versi peserta dan arah karir peserta setelah studi apakah sesuai bidang keilmuan atau tidak sesuai bidang keilmuan. Selanjutnya, respon para peserta sangat antusias untuk mengutarakan pendapatnya melalui chat zoom.