Saturday 27th of April 2024 05:26:51 PM
Cover Berita

Mahasiswa Kimia UPR Raih Medali Perunggu Dalam Kompetisi Esai Nasional

Salah satu Mahasiswa Universitas Palangka Raya berhasil meraih prestasi dalam kegiatan Lomba Esai Tingkat Nasional (LETIN). Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Universitas Triatma Mulya Denpasar yang bekerjasama dengan Lembaga Setara Prisma Nusantara. Kompetisi esai tingkat nasional ini diikuti oleh mahasiswa dari Program Studi Kimia FMIPA Universitas Palangka Raya yaitu Artha Karunia Gresiana Siregar. Mahasiswa yang mengikuti lomba esai nasional tersebut dibimbing oleh Dosen dari Program Studi Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Palangka Raya yaitu Bapak Erwin Prasetya Toepak, S.Si., M.Si.

Dalam kompetisi esai tingkat nasional diikuti oleh seluruh mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi se-Indonesia. Lomba tersebut akan memilih 80 tim dari berbagai Universitas yang berasal dari 8 bidang diantaranya Pertanian, Teknologi, Pendidikan, Pangan, Lingkungan, Sosial Budaya, Hukum dan Bidang Pariwisata sebagai finalis.
Mahasiswa dari Universitas Palangka Raya ini berhasil lolos menjadi finalis pada Bidang Lingkungan. Tim yang lolos selanjutnya akan mengikuti kegiatan secara offline di Universitas Triatma Mulya Denpasar serta melakukan presentasi dan tanya jawab. Kegiatan tersebut diselenggarakan pada tanggal 03-04 Juni 2023 yang diawali dengan penyambutan sekaligus pembukaan kegiatan.

Setelah penyambutan tersebut, finalis akan melakukan presentasi dan tanya jawab oleh dewari juri yang menjadi tombak utama dalam penilaian akhir dan pemberian penghargaan pada kegiatan Lomba Esai Tingkat Nasional (LETIN) ini. Setiap tim diberi waktu 7 menit untuk melakukan presentasi dan 5 menit untuk sesi tanya jawab.
Saat pengumuman dan pemberian penghargaan, mahasiswa dari Universitas Palangka Raya ini berhasil meraih penghargaan berupa Bronze Medal dalam kegiatan LETIN tersebut. Topik karya mahasiswa dari Universitas Palangka Raya yang berhasil mencetak prestasi tersebut adalah "Adsorben dari Abu Layang (Fly ash) untuk Mengurangi Kadar Logam Merkuri (Hg) Pada Sampel Limbah Cair Batubara"

Melalui prestasi ini, membuktikan bahwa mahasiswa dari Universitas Palangka Raya juga mampu ikut bersaing tingkat nasional. Melalui prestasi ini pula diharapkan mampu mendorong niat dan minat mahasiswa lainnya untuk ikut serta dalam meraih prestasi dan membanggakan Universitas Palangka Raya ke kancah Nasional ataupun Internasional.

 

Sumber :

https://mediadayak.id/mahasiswa-kimia-upr-kembali-meraih-prestasi-dalam-kompetisi-esai-nasional/

https://kalselpos.com/2023/06/18/mahasiswa-kimia-upr-kembali-raih-prestasi-dalam-kompetisi-esai-nasional/

https://kalteng.co/berita/tulis-esai-kandungan-merkuri-limbah-batubara-mahasiswa-fmipa-upr-terima-penghargaan-bronze-medal/