Monday 26th of September 2022 10:29:45 AM
Cover Berita

CHEMISTRY TALKSHOW - KULIAH TAMU

Program Studi Kimia FMIPA Universitas Palangka Raya bekerja sama dengan IPB University menggelar seminar kuliah tamu dan sosialisasi yangg diberi nama Chemistry Talkshow, pada hari Rabu 14 September 2022 pukul 09.00 di Ruang Theatre Lt.6 Gedung PPIIG UPR. Kegiatan kuliah tamu diisi oleh Ibu Dr. Wulan Tri Wahyuni, M.Si.. Di samping itu, diadakan pula kegiatan sosialisasi program pascasarjana kimia IPB University yang disampikan oleh ketua program studi magister kimia IPB University, Bapak Dr. Mohamad Rafi, M.Si.

Dekan FMIPA Universitas Palangka Raya dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan kuliah tamu dan sosialisasi program pascasarjana diperlukan sebagai upaya menyumbangkan IKU bagi Universitas Palangka Raya, yaitu pada IKU 1 tentang lulusan dan kriteria studi lanjut. Mahasiswa diharapkan mempunyai semangat belajar yang tinggi dengan melakukan studi lanjut di program pascasarjana.

Kuliah tamu yang disampaikan oleh pemateri berkaitan dengan peran voltametri dalam Pengembangan Sensor. Pemateri memaparkan bahwa peluang mempelajari sensor elektrokimia masih sangat luas, terutama di bidang kesehatan, makanan, dan lingkungan. Pengembangan elektroda terus diteliti untuk meningkatkan analisis in situ. Pada sosialisasi program pascasarjana IPB University, pemateri menmaparkan bahwa IPB University mempunyai program pascasarjana pada jenjang magister dan doktoral. Penelitian kimia IPB University difokuskan pada bio-based material. Saat ini program magister kimia IPB University mempunyai program coursework dan research.

“Saya harap kegiatan ini bisa secara rutin di laksanakan setiap bulannya dengan mendatangkan atau mengundang pemateri-pemateri dengan berbagai bidang ilmu kimia serta pengaplikasian ilmu kimia lain. sehingga mahasiswa kimia semakin termotivasi dalam membuat atau mengimplementasikan ilmu kimia dalam berbagai aplikasi/bidang”, Papar salah satu peserta yang menghandir Chemistry Talkshow.

Dengan didatangkannya pemateri dari luar Universitas Palangka Raya diharapkan mahasiswa mempunyai wawasan yang semakin luas terkait perkembangan ilmu kimia. Ke depannya, kimia FMIPA UPR diharapkan lebih banyak melakukan kerja sama dengan instansi lain. Sampai ketemu di kuliah tamu berikutnya!