Monday 26th of September 2022 09:07:52 AM
Cover Berita

Sosialisasi Pedoman dan Pembekalan PKL

Program Studi Kimia (Prodi Kimia), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Universitas Palangka Raya (UPR) menyelenggarakan “Sosialisasi Pedoman dan Pembekalan PKL” pada 14 September 2022 di Ruang Theatre Lt.6 Gedung PPIIG UPR.

Kegiatan Sosialisasi Pedoman dan Pembekalan PKL diikuti oleh 15 dosen kimia (termasuk dosen pembimbing PKL) dan 20 peserta PKL. Pada pelaksanaan PKL tahun ini, peserta PKL merupakan mahasiswa semester 7 (tujuh) angkatan 2019 dengan syarat telah menempuh minimal 110 SKS, memprogram mata kuliah PKL di semester berjalan, serta telah mengisi formulir pendaftaran PKL. Sementara instansi tempat PKL merupakan lembaga pemerintah maupun swasta yang bereputasi baik dan bersedia menerima mahasiswa PKL dari prodi Kimia FMIPA UPR. Terdapat 6 (enam) instansi tempat PKL untuk mahasiswa Kimia diantaranya:

1) UPT Laboratorium Kesehatan dan Kalibrasi (Labkesda)

2) Dinas Lingkungan Hidup Kota Palangka Raya (DLH Kota)

3) Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan Palangka Raya(BBPOM)

4) Balai Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang (BPSMB) Disperindag Provinsi Kalimantan Tengah

5) PT ENERGI PRIMA NUSANTARA (EPN)

6) CV. Anugerah Enviropratama (Konsultan Amdal)

 

Mahasiswa akan melaksanakan kegiatan PKL di instansi tempat PKL yang telah ditetapkan oleh tim PKL prodi Kimia selama 1,5 – 3 bulan untuk memenuhi 4 SKS. Adanya beberapa kendala pelaksanaan PKL tahun lalu menjadi evaluasi agar pelaksanaan PKL tahun ini dapat terlaksana lebih baik. Oleh karena itu tim PKL prodi Kimia melakukan “Sosialisasi Pedoman dan Pembekalan PKL” dengan tema Siap PKL, Siap Bekerja Lebih Awal. Pelayanan tim PKL ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapan mahasiswa dalam memenuhi kompetensi pengetahuan dan keterampilan di dunia kerja, yang juga selaras dengan visi dan misi prodi Kimia.

 

Acara pertama dalam serangkaian kegiatan ini adalah sosialisasi pedoman PKL, SOP PKL, dan format proposal kegiatan PKL mahasiswa oleh Bu Yuliana, M. Biotek. sebagai tim PKL prodi Kimia. Pedoman PKL memuat petunjuk teknis pelaksanaan PKL mulai dari persyaratan peserta, tugas & tanggung jawab pihak yang terlibat, penilaian, dan penulisan laporan. Sedangkan SOP PKL lebih spesifik membahas prosedur kerja dimulai dari pendafrana PKL hingga memperoleh nilai PKL. Untuk format proposal kegiatan PKL mahasiswa berisi patokan cara penulisan proposal PKL yang biasanya menjadi salah satu syarat mahasiswa untuk dapat masuk dan melaksanakan PKL di instansi tertentu. Selain itu, proposal PKL menjadi rencana kerja mahasiswa untuk mencapai kompetensi sesuai capaian pembelajaran lulusan (CPL) yang ada di dokumen KKNI Prodi Kimia FMIPA UPR.

 

Acara kedua yaitu profiling instansi tempat PKL yang dipresentasikan oleh mahasiswa yang telah melaksanakan PKL tahun lalu (angkatan 2018). Sebelumya tim PKL mengundang 3 (tiga) orang mahasiswa yang mewakili tiga tempat PKL diantaranya: Siswo mewakili EPN, Elfrida mewakili BBPOM dan Domi mewakili Labkesda. Presentasi secara umum memaparkan fokus kinerja instansi, peraturan kerja, kegiatan yang dilakukan selama PKL, dan pertanggungjawaban terhadap tugas dari instansi. Hal ini sangat penting bagi peserta PKL sebagai bekal untuk melaksanakan PKL dengan lebih mudah dan terarah. Antusiasme peserta juga tinggi selama kegiatan berlangsung saat dibuka sesi tanya jawab.

 

Acara ketiga adalah pembahasan Teknik Laboratorium dengan menampilkan video cara kerja analisis zat menggunakan Spektrometer UV – Vis dan Sperktrometer Serapan Atom (AAS). Dimulai dari pembuatan larutan standar berbagai konsentrasi sehingga mahasiswa memahami teknik pengenceran larutan yang benar. Selanjutnya pengoperasian alat untuk analisis kandungan senyawa tertentu. Kegiatan ini sangat penting mengingat keterampilan lab mahasiswa berkurang akibat pembelajaran dan praktikum online selama pandemi Covid-19. Diskusi teknik lab dan pengoperasian alat menjadi bagian menarik untuk peserta dalam pembekalan PKL ini.

 

Acara ditutup dengan pesan dari Bu Lilis Rosmaniar, M. Si. sebagai Kaprodi Kimia FMIPA UPR agar mahasiswa bersungguh - sungguh mempersiapkan PKL serta dapat menjalani kegiatan PKL dengan hasil yang maksimal. Harapannya dengan dilaksanakan PKL ini akan menjadi pengalaman berharga bagi mahasiswa untuk memasuki dunia kerja yang nyata setelah lulus dari perkuliahan.